Oleh-Oleh Khas Wonogiri Yang Enak Dan Wajib Dibeli

By Qwisata Admin | 5 Januari 2020
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

oleh oleh khas wonogiri

Ketika sedang berwisata di Kota Wonogori, kita tidak lupa untuk selalu mencari oleh-oleh khas dari kota tersebut.

Kota ini mempunyai kuliner, jajanan, dan minuman yang khas dan berbeda dari daerah lainnya. Kalau kamu berkunjung ataupun datang ke Wonogiri jangan lupa untuk mencicipi oleh-oleh khas Wonogiri.

Karena kalau sudah mencicipi makanan Wonogiri, pasti kamu tidak akan pernah melupakan rasanya. Maka tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas Wonogiri yang bisa kamu bawa pulang.

Berikut ini beberapa oleh-oleh Wonogiri yang bisa kamu cicipi dan bisa kamu bawa pulang.

1. Nasi Tiwul

nasi tiwul wonogiri
sumber gambar : tribunnews.com

Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul, perpaduan gula merah dan singkong memiliki cita rasa yang berbeda dari lainnya. Nasi ini memang menjadi makanan terfavorit di Wonogiri.

Tiwul Wonoigiri biasanya disajikan bersama sayur ndeso. Sayur ini terbuat dari potongan cabai rawit, tempe, petai. Anda dapat menemukan tiwul di setiap warung makan Wonogiri.

Nasi tiwul memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu: menyembuhkan penyakit pencernaan, cocok sebagai menu diet, mengurangi anemia, meningkatkan stamina, melatih daya tahan otot dan banyak lagi.

Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul memiliki beberapa varian rasa. Mulai dari manis, gurih dan juga perpaduan keduanya. Anda bisa memilih salah satunya, sesuai dengan selera.

2. Cabuk

cabuk wonogiri
sumber gambar : tokopedia.com

Makanan Khas Wonogiri Cabuk saat ini memang susah dicari. Pasalnya, proses pembuatan cabu sedikit rumit. Namun tenang saja, Anda masih bisa mendapatkannya di Pasar Kota dan beberapa warung makan.

Cabuk Wonogiri terbuat dari biji wijen yang dikolaborasi dengan merang padi dibakar. Sebelum dibakar, cabuk dibungkus daun pisang untuk menambah aroma dan cita rasa khas.

Cabuk Wonogiri memiliki warna khas hitam. Warna ini berasal dari merang padi yang telah dibakar tadi. Cabuk berbentuk seperti pepes, namun memiliki ukuran lebih kecil.

Saat Anda mencicipi Makanan Khas Wonogiri Cabuk, dijamin ketagihan. Pasalnya, selain rasanya gurih ditambah aroma khas dijamin dapat menggugah selera makan kita. Yukz, buruan dicoba!

3. Pindang Kambing

pindang kambing wonogiri

Pindang Kambing Khas Wonogiri, merupakan salah satu menu favorit. Pasalnya, rasanya berbeda dari pindang lainnya. Jika biasanya pindang berkuah kental, Wonogiri tidak seperti itu pemirsa.

Kuah pindang Wonogiri seperti bubur. Serasa lebih lumer dan uenak. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 1000 hingga 5000 rupiah saja di berbagai warung makan Wonogiri.

Pindang ini terbuat dari gaplek atau ubi yang dikeringkan. Kemudian, ubi digiling dan dimasak seperti bubur serta ditambah dengan jeroan, kikil dan juga tulang kambing.

Pindang Kambing Khas Wonogiri, ini biasanya disajikan dengan dibungkus daun jati. Sehingga, cita rasa yang disuguhkan pastinya sangat menggugah selera. So awas, pasti gagal diet.

4. Jangan Lombok Ijo

sumber gambar : humaswonogirinews.com

Jangan Lombok Ijo Khas Wonogiri adalah salah satu sayur yang biasanya disajikan bersama tiwul.

Sayur dan nasi tiwul memang satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jangan Lombok ijo terbuat dari irisan cabe rawit, tempe, pete dan santan.

Perpaduan santan dan cabe dari sayur ini menghasilkan rasa khas gurih dan pedas.

Rasanya yang khas menjadikan sayur ini sebagai salah satu menu favorit dalam berbagai acara. Misalnya saja acara pernikahan, khitan, lamaran, Aqiah, dan juga lain sebagainya.

Nah, Jika Anda berkunjung ke sana jangan lupa nikmati jangan lombok ijo khas Wonogiri. Hanya berkisar 8.000 hingga 20.000 Anda sudah bisa menikmatinya lengkap dengan tiwul.

5. Ayam Panggang Wonogiri

Ayam Panggang wonogiri
sumber gambar : tribunnews.com

Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang merupakan salah satu menu andalan disana. Rugi, jika Anda berkunjung kesana tidak menikmatinya. Pasalnya, memiliki cita rasa berbeda dari lainnya.

Perpaduan berbagai bumbu pilihan dan ayam yang masih segar akan menghasilkan rasa lezat tiada duanya. Anda bisa mendapatkan menu ini hampir di setiap waung makan.

Ayam panggang Wonogiri biasanya disajikan lengkap bersama sambal dadak, urap sayur dengan bumbu kelapa, dan berbagai macam varian jus yang dapat menambah nafsu makan Anda.

Untuk menikmati Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang, Anda cukup menyiapkan uang kurang lebih 20.000 ribu rupiah saja. Anda dapat menikmati ayam panggang ini bersama keluarga tercinta.

6. Wader Goreng

Wader Goreng wonogiri
sumber gambar : food.detik.com

Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng menjadi salah satu oleh-oleh favorit ketika bertandang ke Waduk Gajah Mungkur. Anda bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh dan warung makan.

Makanan khas satu ini terbuat dari ikan wader yang dilumuri sedikit tepung dan kemudian digoreng. Selain untuk dijadikan teman makan, wader juga cocok buat camilan.

Ikan wader memiliki banyak kandungan gizi. Mulai dari; protein, lemak, dan juga zat besi. So, selain untuk camilan makanan ini juga baik untuk penyumbang gizi dalam tubuh Anda.

Untuk dapat membawa pulang Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng tidak perlu merogoh kantong banyak. Cukup dengan menyiapkan 7000 hingga 10.000 maka Anda bisa membawanya pulang.

7. Lentho

oleh-oleh khas wonogiri
sumber gambar : tribunnews.com

Lentho Kuliner Khas Wonogiri adalah salah satu jajanan yang wajib Anda coba juga ketika berkunjung ke sana. Pasalnya kelezatan lentho, akan menambah semangat beraktivitas Anda.

Lentho terbuat dari singkong parut, kacang tholo, bawang putih, daun jeruk, kencur dan garam. Setelah itu semua bahan dicampur jadi satu, dibentuk bulat dan digoreng.

Lentho khas Wonogiri mudah Anda dapatkan ketika pagi hari. Karena biasanya, pas pagi hari banyak masyarakat sekitar menjadikannya sebagai tambahan sarapan sebelum melakukan berbagai aktivitas.

Lentho Kuliner Khas Wonogiri bisa Anda dapatkan dengan harga cukup terjangkau. Dengan uang 1000 hingga 3000 Anda sudah bisa mendapatkannya sebagai tambahan sarapan sebelum beraktivitas.

8. Es Degan Wonogiri

sumber gambar : grid.id

Minuman Khas Wonogiri Es Degan merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan haus bandel ketika bertandang ke Waduk Gajah Mungkur atau sekitarnya. Banyak pedagang minuman ini disana.

Perpaduan kelapa asli dan es membuat jiwa lusuh fresh kembali. Wonogiri yang berada di dataran rendah dan panasnya sinar matahari menjadikan es degan cocok dinikmati siang hari.

Kandungan gizi seperti; sedikit lemak, protein, dan karbohidratlah yang dapat membuat jiwa lusuh Anda fresh kembali. Apalagi, es degan Wonogiri dipadukan dengan sirop. Benar-benar segar, hilangkan haus bandel.

Minuman Khas Wonogiri Es Degan bisa Anda jumpai di berbagai warung makan. Es degan Wonogiri dibandrol dengan harga cukup terjangkau. Jadi, Anda tak perlu khawatir.

9. Besengek

Besengek khas wonogiri
sumber gambar : travel.kompas.com

Besengek Makanan Tradisional Wonogiri ini bisa Anda dapatkan di berbagai warung makan. Ketika Anda berkunjung ke Wonogiri jangan lupa untuk menikmatinya bersama nasi tiwul khasnya.

Besengek Wonogiri terbuat dari bahan baku tempe kara. Besengek dihidangkan dengan cara dibungkus menggunakan daun jati. Agar menghasilkan cita rasa yang berbeda dari tempe lainnya.

Besengek ini sangat cocok jika Anda nikmati bersama nasi tiwul. Untuk mendapatkan cita rasa lebih sempurna, Anda bisa memakannya dengan cabe rawit hijau sebagai lalapannya.

Untuk menikmati Besengek Makanan Tradisional Wonogiri Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Pasalnya, besengek ditawarkan dengan harga cukup terjangkau. Cukup dengan 3.000 Anda sudah bisa menikmatinya.

10. Geti

geti wonogiri
sumber gambar : adira.co.id

Oleh-Oleh Khas Wonogiri Geti merupakan buah tangan yang cocok ketika bertangdang ke salah satu Kabupaten Jawa Tengah ini. Anda bisa menemukan geti di pusat oleh-oleh.

Makanan ringan ini dibuat dengan bahan dasar campuran wijen, jahe dan gula jawa. Perpaduan bahan tersebut membuat jajanan ini manis dan gurih. Dijamin semua suka.

Geti, biasanya memiliki bentuk kotak atau pun bulat, dengan tekstur renyah, lengket dan manis. Makanan khas Wonogiri ini bisa tahan lama meskipun tidak mengandung pengawet.

Oleh-Oleh Khas Wonogiri Geti ini dijual dengan harga sangat terjangkau. Dengan uang kisaran 5000 hingga 7000 saja Anda sudah bisa membawanya pulang sebagai buah tangan.

11. Emping Wonogiri

Emping wonogiri
Emping mentah, sumber gambar : bukalapak.com

Jajanan khas wonogiri emping merupakan oleh-oleh sejenis dengan kerupuk. Namun emping berbeda dengan kerupuk. Jika kerupuk terkenal dengan rasa gurih maka emping ada sedikit pahit-pahitnya.

Bahan dasar emping yaitu biji melinjo yang diolah dengan cara ditumbuk dan dihancurkan hingga halus. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari hingga kering dan digoreng.

Emping memiliki rasa manis dan terasa agak pahit. Teksturnya yang tipis dan renyah membuat banyak masyarakat menyukai jajanan khas Wonogiri ini. Pasalnya, cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Jajanan khas wonogiri emping memiliki kandungan senyawa yang bertolak belakang dengan kondisi tekanan darah tinggi dan rendah. Untuk itu, hanya bisa dinikmati oleh para kondisi tekanan darah normal.

12. Kacang Mete

Kacang Mete wonogiri
sumber gambar : tokopedia.com

Kacang Mede Cemilan Khas Wonogiri adalah salah satu oleh-oleh khas yang cocok untuk buah tangan. Cemilan satu ini terbuat dari jambu mede yang sudah dikeringkan.

Daerah Wonogiri memiliki kebun buah mede seluas 20.000 hektar dan menjadi perkebunan buah mede terluas di Jawa Tengah. Tak heran jika banyak masyarakat yang memanfaatkannnya sebagai camilan khas.

Kacang mede mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tekstur kacangnya sendiri agak keras, akan tetapi manis dan gurih. Sehingga cocok untuk Anda jadikan camilan.

Kacang Mede Cemilan Khas Wonogiri bisa Anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh. Anda bisa membawanya pulang dengan harga kisaran 150.000 ribu rupiah saja per kilonya.

13. Pecel Mie Pentil

Pecel Mie Pentil
sumber gambar : medium.com

Pecel mie pentil khas Wonogiri merupakan salah satu menu favorit disana. Pecel mie pentil ini terdiri dari sayuran dan juga adanya mie sebagai sumber karbohidrat.

Dalam penyajiannya, makanan ini bukan hanya dihidangkan mie dan sambal saja. Akan tetapi dilengkapi dengan sayuran. Misalnya seperti; bayam, kacang panjang, tauge, timun dan lain-lain.

Mie pentil terbuat dari tepung ketela pohon, dengan ukuran agak besar dan memiliki tekstur lebih kenyal.

Mie ini memiliki warna kuning sehingga menarik perhatian konsumennya. Untuk merasakan Pecel mie pentil khas Wonogiri Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Cukup dengan 4.000 hingga 10.000 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmatinya.

14. Tahu Kupat Wonogiri

Tahu Kupat Wonogiri

Makanan Khas Wonogiri, Tahu Kupat Wonogiri menjadi olahan favorit di salah satu Kabupaten Jawa Tengah ini. Makanan ini dapat dinikmati sebagai santapan makan siang atau malam.

Makanan ini memiliki cita rasa khas dan menjadi pembeda dari tahu-tahu lainnya. Tahu Wonogiri menyajikan rasa gurih dan enak. Pasalnya, telah dipadukan dengan bumbu-bumbu khas.

Tahu Wonogiri ukuran mungil ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau bagi kalangan masayarakat umum. Anda bisa menikmatinya kapan saja ketika berkunjung ke sana. Dan dijamin ketagihan pokoknya.

Makanan Khas Wonogiri, Tahu Wonogiri ini bisa didapatkan hampir disetiap warung makan disana. Tekstur lebih keras dari tahu lainnya akan menambah cita rasa ketika menikmatinya.

Pertanyaan Umum – FAQ

Dimana Pusat Oleh-Oleh Wonogiri?

Pusat oleh-oleh wonogiri tersebar, tapi sebagian besar ada di Jalan Raya Wonogiri.

Apa makanan khas wonogiri?

Kuliner khas wonogiri adalah Mie Ayam dan Bakso yang memiliki cita rasa tersendiri.

Kenapa Wonogiri disebut Kota Gaplek?

Karena tingginya produksi singkong atau ubi kayu di Kota ini hingga bisa mencapai 1 juta ton dalam setahun, maka kota ini sebut kota gaplek.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan pada konten kali ini, semoga review tentang oleh-oleh khas wonogiri ini bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *